Volkenkunde



Ada yang pernah denger nggak sih nama Volkenkunde? Volkenkunde itu (ternyata) nama museum yang ada di Belanda. Tunggu- tunggu.... ini kenapa coba tiba- tiba ngebahas Belanda? Bukan... Bukannya aku tiba- tiba sekarang udah nyasar di Belanda, tapi aku pengeeeennnnn banget bisa ke Belanda, khususnya ke Volkenkunde itu...

Sebenernya apa coba istimewanya itu museum sampe bisa jadi top 5 big dream ku?

Jadi.... ceritanya aku kemaren habis jalan- jalan ke sebuah candi yang (lumayan) terpencil di daerah Singasari. Nama candinya adalah Candi Singasari. Sekedar informasi aja sih, aku nih cinta banget sama peninggalan- peninggalan sejarah gitu, ya bukan berarti aku hafal di luar kepala tentang apapun yang berhubungan sama sejarah sih, cuma aku suka aja napak tilas di tempat- tempat bersejarah. Mungkin bisa dibilang aku ni gagal move on (?)

Salah satu sejarah yang aku nge-fans banget sejak jaman SD adalah sejarah Singasari. Sejarah Singasari tuh bagiku sangat sarat akan intrik dan kepalsuan hehehehe....

Siapa juga sih yang ga tau Ken Arok, si anak "bukan siapa- siapa" yang jatuh cinta pada pandangan pertama sama istri pejabat, Ken Dedes, yang saking cintanya sampe dia mesen keris sakti khusus buat ngebunuh Oom Tunggul Ametung, suaminya Ken Dedes...

Buat aku kisah mereka tuh keren (kecuali bagian bunuh- bunuh seenak udel ya). Ada satu pertanyaan nggak penting di otakku yang sampe sekarang ngga ada jawabannya,

"Sebelum Oom Tunggul dibunuh, Ken Dedes udah cinta sama Ken Arok belom ya? Terus Ken Dedesnya bahagia nggak ya sama Ken Arok?"


Sumpah andaikan di dunia ini ada 'BUKU HARIAN KEN DEDES' pasti aku bakal ngubek- ubek semua toko buku...

Anyway Candi Singasari ini kecil mungil seperti peri (?) hehehe 







Nah nah masalahnya itu adalah..... candi ini tuh BELUM PERNAH DISENTUH PEMERINTAH INDONESIA.

WAW

Kata bapak juru kunci yang aku ajakin ngobrol, dulu yang nemu dan merekontruksi itu Belanda, abis itu sama mereka arca- arca yang bagus- bagus dibawain semua, yang udah jelek dan pecah- pecah aja ditinggal disini. So sedih kan :( 


Ini kata bapaknya patung mbak Dedes  yang sayang seribu sayang kepalanya udah ilang :(


Kalo yang ini kayanya patung Dewa Wisnu soalnya tangannya ada banyak, tapi kroak gitu...


Ini arca yang ditinggal sama kompeni ya cuma segini dan udah cacat semua...


Kalo katanya si bapak penjaga, semua patung yang bagus- bagus ada di Museum Volkenkunde, Leiden. Selain itu juga ada banyak banget patung- patung lain dari candi- candi lain, terus naskah- naskah jawa kuno, pokoknya all thing I love to see deeeeh!





Nih kebetulan dari hasil browsing dapet 3 arca yang punyanya Candi Singasari yang sekarang disimpen di Volkenkunde, paling atas itu Dewi Durga, yang konon katanya istri Dewa Siwa, Parwati, yang lagi berubah wujud ke bentuk raksasa.

Nomor dua itu anaknya Siwa sama Parwati, Ganesha, yang katanya sumber ilmu... Kalo denger- denger dari ceritanya sih dia punya kepala gajah gara- gara sempet nantangin bapaknya terus dipenggal dan dituker pake kepala gajah (horor amat yak).

Terus yang ketiga ini namanya Mahkala, katanya sih jelmaannya Siwa sebagai raksasa...

Jadi sebenernya yang bikin sedih adalah.... ini yang punya sejarah siapa yang ngurusin siapa, masa orang Indonesia pengen napak tilas sejarah malah harus ke Belanda.

Please deeeehhhh......

Comments

Popular Posts