Monday, September 14, 2015

Serba- Serbi Budapest (Central Market as Beringharjo Van Java)

Lanjut lagi tentang Serba- Serbi yang ada di Budapest…

Second thing, BERINGHARJO VAN BUDAPEST.


Yup! Ada tempat yang basicnya bener- bener semirip itu sama pasar Beringharjo, Yogyakarta. Kalo kita sih nyebutnya Central Market, tapi pas suatu hari aku nyasar dan ma nanya orang, dia malah bilang,
“I live around here and I never heard about Central Market, maybe you mean *nyebut tempat. Pardon, lupa*, if that what you mean, I can give you the direction.”  Udah jadi sifat daerah local sih kayanya, orang- orang Hungaria tuh helpful banget, even mereka sebenernya ga ngerti sama yang kita tanyain…

Nah lanjut lagi ke cerita tentang Central Market, disana itu kita bener- bener bisa nemuin segala macam hal, mulai dari souvenir, kaos- kaos, sampe hal- hal yang bener- bener berbau Hungary kaya baju tradisional, taplak meja, boneka- boneka gitu…. By the way, AKU PENGEN BANGET BELI BAJU TRADISIONAL HUNGARY L sayang banget harganya 10000 HUF (500.000 IDR). Hueee mahalnyaaaa ._.

Selain souvenir gemash gitu, disana juga jualan makanan macem- macem.. Yang pasti sih khas sana lah yaaaa, dan tampilannya tuh demi apa sangat menggoda meeen! Tapi ya itu.. derita muslim nggak boleh makan babi, jadi nggak bisa pesta kuliner disana deh.... 

Tapi aku sempat nyobain makanan disana juga sih, kalo katanya Rio namanya Rendang Hungary. Jadi makanan yang aku coba ini tuh daging sapi dimasak pake bumbu- bumbu dan warnanya coklat kaya rending persis, mana nyajiinnya pake nasi pula. Mayan mahal sih(buat anak kuliahan dari Indonesia), 1200 HUF (60.000 IDR), tapi buat kita anak- anak Indonesia yang sekangen itu sama makan kenyang dengan nasi, itu bener- bener worth lah ya…. Sayang sekali kawan, karena aku takut mengganggu ketentraman umum disana dan karena memang ramenya naudzubillah, jadi kamera sembunyi cantiq di dalem tas, means aku ga punya photo session disana…. Huhuhu….

Selain nyoba makanan ajaib disana, aku juga nemenin Rio nyari sweater yang ada tulisannya Budapest University.. Dia pengen banget gitu, biar ada kenangannya katanya. Aku juga mau sih, tapi mengingat kapasitas bagasi Cuma 23 kg dan I definitely not gonna leave half my stuff there kalo sampe kebanyakan belanja, dan taulah tebelnya sweater kaya gimana…. Jadi nahan diri aja buat hedon- hedonan. Hehehe...

Selama di Budapest, aku punya kebiasaan buruk sama Rio nih, ngomongin orang yang bener- bener di deket kita pake bahasa Indonesia. Yakan seru aja gitu kita bisa ngrasani bebaaasssss dan orang yang kita omongin juga ga bakal nyadar kalo kita omongin, syaratnya dilarang ngeliat langsung ke orangnya sama dilarang tunjuk- tunjuk. Laaah, pas di Central Market, selama kita liat- liat barang kan pasti sambil ngeliat harga juga, kita sepede itu ngomong, “ih mahal”, “ah kurang bagus”, dan complain- complain lainnya yang kalo di Indonesia fix kita bakal dijitak sama yang jual. Tapi tetiba, out of nowhere, ada satu mas- mas penjual yang begitu ngeliat kita langsung treak- treak asik,

“MURAAHHH MURAAAHHHH TIGA RIBU SAJA MURAAAHHHH”

Spontan aku sama Rio kaget dong, kok si pedagang antah- berantah ini bisa bahasa Indonesia cobaaa? Ternyata usut punya usut, dia abis ada pembeli dari Indonesia terus diajarin gitu ngomong Indonesia, bahkan dia majang bendera Indonesia yang katanya dari pembelinya itu di kios dia. HAHAHA terharu banget lah, mas!


Sejak saat itu sih kita kalo ngrasani orang jadi pake bahasa Jawa, yang menurut kita bakal jauh lebih aman. WKWKWK

Jadi kalo aku pribadi sih, Central Market itu salah satu tempat wajib dikunjungi di Budapest... Tapi pinter- pinter nawar yhaaaaa, harga disana mahal banget soalnya...

Saturday, September 12, 2015

Serba- Serbi Budapest (Me and Mr. Subway Ticket)

Aku nih ya, kalo udah ngomongin Budapest, ga bakalan ada abisnya. Kenapa? Soalnya…..udah kaya Yogyakarta yang kota kelahiranku, aku ngerasa Budapest tuh kaya hometown. Oke ini alay dan sangat nggak nasionalis….ngakuin tanah yang jauuuuuh banget dari Indonesia sebagai hometown. Don’t blame me, I was really had a good time there! Day by day, I was not only come as tourism, but I feel like truly Hungarian too. Kalo ekstrimnya sih kaya Rio yang (seperti cerita di part #2) gamau pake mantel dan ngaku- ngaku, “I am HUNGARIAN”. Ya sama. Aku juga ngerasa kaya gitu. Serius deh.

So…. Kali ini aku bakal cerita serba- serbi Budapest yang udah aku liat dan pelajarin selama disana.

First of all, tentu aja masalah bahasa. Nangis aja deh kalo disana gatau dikit- dikit bahasa Magyar, apalagi kalo kita nggak berkeliaran di tourism spot. Mirip- mirip sama Yogya lah, masi banyak juga kan kakek nenek yang bahkan bahasa Indonesia aja nggak ngerti, bisanya bahasa jawa (sumpah ada lho!).

Pernah nih aku mau naik metroline dari stasiun di daerah Hosok Tere, pas itu ada yang jaga di depan pintu masuk. Kalo biasanya sih, kalo ada yang jaga gitu, kita tunjukin aja tiketnya (untuk kasus ini aku pegangnya monthly ticket, belinya di bandara dengan nunjukin ‘driving license’ ato ‘identity card’).
Nah ini beda... Tiba- tiba aku dipanggil dong sama dua bapak yang jaga itu…. NAHKAAAN KENAPA DAH INI??? 
Rada curiganya sih karena si bapak- bapak ini aneh kali ya liat cewe sendirian, berjilbab (kaya di posting part #4), ntah disangka imigran gelap, teroris, ato apalah :(

Kira- kira gini bentuk percakapan dua bahasa yang absurd ini….

                “Miss…” si bapak manggil

                “Yes?” aku balik badan ngadep bapaknya, pasang muka paling sok bego dan *uhuk* imut.

                “Passport” si bapak ngulurin tangan. Sejauh ini sih aku ga menangkap sesuatu yang aneh dari si bapak.

                Aku buka tas pinggang, ngeluarin passport, dan nunjukin ke bapaknya. Si bapak buka- buka passport ku, dan ngulurin tangan minta tiket metroline ku yang ada di tangan kiri. TERNYATA dia nyocokin nomor passport sama nomor yang ada di tiket. Ya jelas beda lah! Orang kemaren bikin tiketnya ga pake passport. Si bapak terlihat bingung.


                “Oh, those number are not from passport, but from my driving license” aku jelasin.

                Si bapak nunduk ngeliatin aku (ini karena perbedaan tinggi yang cukup signifikan sih). 

Kemudian air mukanya berubah, seolah nggak paham dengan semua yang terjadi (?). Dan dia NGOMONG PANJANG LEBAR PAKE BAHASA MAGYAR. Menurut lu aja pak, muka ku nggak keliatan bule asia po????


                “blebbb blebbb blebbbb….”

                “……..” aku bungkam. Aku ga ngerti apa yang dia omongin.

                “…blebbbbb bleebbbbbb” tapi kayanya ini masalah perbedaan nomor deh..

                “eerrrr…. Those are-“ nunjuk nomor di tiket, “-from my driving license.” Aku mencoba menjelaskan.

                Ngeliat muka si bapak yang makin nggak ngerti, akhirnya aku ngeluarin si driving license yang bikin masalah itu, kasih ke bapaknya. Mukanya makin ditekuk.

                “bleb bleb bleb bleebbb bleeebbbbbbb” ngomong lagi. Bikin pusying aje lu oom!

                Ternyata… yang namanya Latifa, kapan ga bikin kesalahan ceroboh gitu… Aku salah ngasi SIM C, padahal yang ada di tiket itu nomor serinya SIM A. Duh…. dah mulai berasa teroris nih aku. Buru- buru aku ngeluarin SIM A sebelum berakhir diseret paksa ke kantor polisi.


Kemudian… si bapak ngangguk- ngangguk mengerti dan kembali ngomong bahasa Magyar yang as I understand, ngomong minta maaf, dan mempersilakan aku masuk stasiun.



Well itu sekelumit cerita ngomong pake bahasa tarzan karena (aku tekanin sekali lagi) common people sana bahasa inggrisnya ngga bagus, yah kecuali kalo yang muka- muka mahasiswa gitu sih….

Masih banyak banget yang pengen aku ceritain tentang serba- serbi Budapest....
So, dont go anywhere, staytune dan bacain terus blog aku yhaaaa *ngarep*...

Tumpahan makanan menjadi karya seni yang indah

Giulia Bernardelli Italian artist
screenshot instagram: @bernulia

Ada yang kenal dengan mbak artist yang so talented banget itu?..
Sumpah ya mbaknya ini talented banget. Dia nge gambar pake tumpahan kopi,saos, bikin typography pake gula, carving buah, macam - macam deh yang nge-Art banget.
Karya seninya yang tercipta dari segala sesuatu yang ada disekitar kita.

bernulia top tomato poster
salah satu karyanya @washingtonpost

Dia itu seniman Italia yang bekerja secara spontan, dia nggak pernah merencanakan mau gambar apa atau bikin karya seni seperti apa, semua itu refleksi dari nuansa apa yang bisa dia ciptakan saat itu.
Namanya Giulia Bernardelli, menurut sumber dari berbagai web yang aku baca si mbaknya ini lulusan dari Academic of Fine Arts di Bologna, Italia. Sekarang dia bekerja dengan anak-anak di museum ( blom ketemu dimuseum mana.. hehehe..)

Kalo temen-temen pengen tau foto hasil karya dia cek and follow aja langsung instagramnya si mbak Giulia Bernardelli
IG : @bernulia
Quotes yang digunakan di Instagramnya :

"My future starts when I wake up every morning. 
Every day I find something creative to do with my life" 
Miles Davis

Jadi temen - temen bisa tuh mencontoh kreatifitas , karena kreatifitas itu tanpa batas.
So..
Be creative and create something.
Gimana menurut temen - temen ? Jangan lupa komennya?

Tuesday, September 08, 2015

My Street Photography - Vienna

My Street Photography in Vienna, Austria.


Hai..
Street Photography in Vienna,Austria

Pengen nge-post tentang foto - foto yang aku ambil waktu aku jalan - jalan ke vienna, kalo kata orang - orang didunia perpotoan itu Street Photography .. berhubung aku masih amatir and sambil belajar juga sapa tau makin canggih someday..hehehe.. ngarepnya..

Ini scene photo yang diambilnya pas hujan salju... yipppeeyyy..
Sambil liat - liat fashion style or gaya berpakaian orang - orang sono kalo lagi winter gitu..

Salah satu negara di eropa yang keren tetap aja ada potret ketidakberuntungan warganya, semoga beberapa foto - foto ini bisa memberikan cerita tentang vienna, beautifull city with many stories and music.

Walking on by
mau ceritain foto2 ini.. nanti aja mau kuliah dulu..hehe..


Street Photography in Vienna,Austria

Nih mas - mas gaul nya vienna lagi jalan - jalan 
hehe..

Street Photography in Vienna,Austria

Family Time
Menikmati vienna bersama keluarga saat hujan salju turun..
seru kan?...hehehe...

Street Photography in Vienna,Austria


Street Photography in Vienna,Austria


Hard Time Try Harder
Bukannya mau mengekspos kesusahan, hanya ingin berbagi.. selalu sedih kalo liat foto ini..
Picture can tell a lot of stories, use your imagination.




See! Music can lighten your Days 
Salju turun si bapak ini tetap memainkan alat musiknya.. kalo ga salah accordion dia musisi jalanan yang kece.. :) pas banget ama lampu2 dibelakangnya ikut berpendar.. yahh gitu dehh..



Kalo ada yang suka foto - foto boleh kok saran n kritiknya, maklum masih nubie..heheh..
oh iya sekedar info aja sih.. semua aku foto sendir pake kamera pinjeman Nikon d5200 yang kadang eror sendiri kalo shutternya dipencet dengan tangan ku yang sedikit tremor heheh.. lensa pake bawaannya 18-55mm aja.. masih kuliah belom da budget wat beli yang lebih-lebih.. hehe.. 
udah dulu ya mau kuliahh.. dadahhh....

Kalo ada yang mau make foto nya sih silahkan aja cmn jangan lupa kasih link baliknya n kasih credit ke si pemotret yaitu akyuuu...hehhee.. biar saling menghargai karya orang walo amatiran gini..heheh..

Thanks.. see you later..


Nb : ketinggalan si mas - mas buteng(bule ganteng :3) pake lensa tele lagi motret2 whoooppss...