Jadi Bule Arab (I love Masjid Nabawi) #2

Alohamanakilaaaa..... (suatu kata di suatu game jaman SD)

Setelah drama keyboard laptop yang rusak- bener- rusak lagi- eh bener lagi- tapi trs rusak lagi sampe berkepanjangan macem Cinta Fitri gitu, akhirnya kini insya Allah dia tak akan ngambek njelei lagi. hehe....
Jadi walaupun ini dah lamaaa bgt, tapi biar ga berakhir menjadi draft semata, kali ini aku mo ngelanjutin cerita- cerita gemash jaman Umrah 2017 kemarin. Iya sih udah basi, tapi yaaaa gimana ya, latihan hidup tanpa wacana susah men :')

Soooo seperti janjiku yang telah lapuk bagaikan kayu, first thing first aku mau cerita tentang suasanya nya di Madinah yang bikin aku jatuh cinta bertubi- tubi. Jadi, masjidnya ini nih bentuknya masih klasik gitu, ya ala- ala masjid apa adanya, walaupun luasnyaaaa bikin gempor ampun- ampunan, maklum sih soalnya gate nya itu ada 40 (kalo ga salah) daaaan pintu yang buat woman entrance itu paling deket sama gate 25, padahal hotel kami paling deket sama gate 13.

Nah kemudian, begitu masuk ke pintu yang woman area (ya maap to saya ndak masuk ke yang bukan woman area soalnya), kita tu disuguhi air zam- zam sebanyak- banyak dosa! Bayangin aja dah, beneran di kanan kiri sepanjang jalan menuju shaff nya itu isinya termos air gedeeeee banget dan RATUSAN! Ini kalo orang pulang dari Mekah bawa cuma 5 liter, kita disana mau minum sampe 10 liter sehari juga silakan (kembung iya ini mah wkwk). Ngga cuma itu aja, suasananya di dalem masjid Nabawi ini menenangkan banget, kalo ga pas jam mau sholat pun masjidnya masi penuh sama orang ngaji atau pun sekedar numpang istirahat. Terus kalo pas jam- jam menjelang sholat baaahhhhh ramenyaaaaa! Kalo telat 5 menit aja nih, nyari shaff buat sholat berjamaah itu udah susah banget.

Pernah nih pas mau sholat maghrib, aku sama kakakku terlambat berangkat. Sampe sana udah ga karuan dong, padahal kami ngotot maunya sholat di dalem ga di serambi. Alhasil setelah nyempil kesana kemari, kami akhirnya nemu nih tempat di pojokan kanan depan (kalo dari arah kiblat) itu masi kedapetan tempat menyempil. Nah selesai sholat kan emang kita gamao pulang maunya di sana aja nunggu 'buk' istilahnya hehehhe... terus yang bikin kita senang ternyata di pojok situ tuh tempatnya anak- anak arab pada ngaji dooong. Ini sumpah gemesin banget sih, anak kecil arab yang idungnya mancung bak pinokio, matanya biru bulat, pipinya keberatan sampe kaya mau jatoh, aduuhhhh pokoknya cantikkkk banget! Jadi anak- anak ini rutin ngaji di masjid Nabawi, hafalan surat pendek sama baca quran gitu, dan mereka ngajinya dari maghrib sampe isya....

Lanjut lagiiii... Selain itu juga, masjidnya tuh adem alami. Kalo di Haram kan masjidnya tingkat 3 dan modern banget AC nya sampe dingin banget, nah kalo di Nabawi tu walaupun ada AC nya tapi arsitekturnya dari sononya udah adem (tapi kan ya se-adem apapun dipake nafas orang ribuan pengap juga), jadi ya si AC ini lebih ke membantu dong.

Terus yang bikin masjid Nabawi bedaaaa banget sama masjidil Haram adalahhhh..... bangunan di luaran. Kalo di Nabawi itu, ba'da subuh kami masi bisa menikmati udara pagi terus banyak burung- burung gitu di halaman depan masjid. Kalo di Haram sih, saking banyaknya orang dan gedung tinggi jadi pemandangan exotic khas timur tengah nya ga terlalu kerasa.

Ya sekian dulu ya cerita akuuu, semoga part berikutnya bukan sekedar wacana, amin :)


Comments

Popular Posts