Thursday, September 20, 2018

Softwarenya Anak MATH

So... lately aku disibukkan dengan proses tulis menulis skripsi yang aduhai sekali....... Ini aku ga mengeluh lho ya, cuma sedikit berbagi beban wkwk..

Jadi gini gais, sofwarenya anak matematika itu ada banyak. Semuanya pake bahasa aneh-aneh. Nih ya ku sebutin contohnya,
- Latex bahasa gatau pokoknya buat nulis ekspresi matematika
- Gurobi pake bahasa Phyton
- Matlab pake bahasa c++ (atau semacamnya)
- Dev c++ pake bahasa c++
- masi ada lagi sih tapi yaudahlah ya ntr banyak banget


Dulu pas aku semester 2, ada makul Algoritma Struktur Data. Diajarin gitu dasar- dasar bahasa c++ pake dev c++. Sampe semester tua pun masi sering banget ternyata pake matlab yang notabene bahasanya masi c++ juga. Terus abis itu masuk ke dunia per skripsian, TERNYATA NGETIK SKRIPSI HARUS PAKE LATEX DOONGGG!!! Wagilasih dulu minggu-minggu pertama mulai ngetik tuh literally harus dikit-dikit browsing buat cari tau nulis ekspresi matematika tu kek gimana, udah gitu tiap 1 kalimat jadi langsung di compile biar kalo ada error ga ketumpuk. Mantab kali lah pokoknya.

Alhamdulillah setelah 6 bulan menjalani ini semua saya menjadi lebih tabah lagi mahir HAHAHA.....

And then...... seminggu yang lalu, ada dosenku tercinta yang tiba-tiba nyuruh bikin PROGRAM ENSKRIPSI DAN DESKRIPSI (macem bikin kode-kode rahasia gitu lhoooo)

JENG JEENGGGG.....

Padahal terakhir kali ku mencoba memahami software selain Latex tu udah yang lebih dari setaon, udah lupita akika cyinnn :(((

Terus ya karena saya mencoba menjadi anak ambis (udah tobat copas copas tugas wkwk) jadilah program-program tersebut kelar HANYA DALAM WAKTU 12 JAM SAJA GAIS! (eh minus tidur 3 jam, kuliah 2 sks, sama mandi makan sholat deng)

Jadi aku tuh mulai ngerjain jam 8 malam di hari minggu yang indah (fyi aja ya, aku tuh 2 bulan ini sudah kehilangan esensi hari minggu dikarenakan tugas-tugasku yang lebih romantis daripada pacar). Nah masalahnya tuh, aku kalo udah penasaran tuh mo tidur malah kebawa mimpi ntar, terus ntar dikit-dikit nglilir dengan ingatan sepotong-sepotong "eh kalo misal ini ditambahin gimana ya?" ato "eh kayanya ini harusnya bisa deh diginiin" pokoknya otak ga tenang banget lah bicik sendiri. Hhhh. Jadinya aku memutuskan tidak tidur saja daripada tidurku tak tenang dan tugasku tak selesai dan mumpung kecepatan perputaran otak sedang maksimal.

Hasil lembur sampe jam 2.30 pagi adalah :
-  Shift Chiper
- Affine Chiper
- Vigenere Chiper
- Hill Chiper
- Invers Modulo 26
- Invers Matrik Modulo 26

Terus tinggal sisa dua program yang mau ku bikin tapi takut paginya tidur di kelas. Jadilah ku akhiri acara begadang.

And thennnn...........
Nih akika mau pamer dikit program bikinan akika xixixi



Ya begitu lah cerita ku kali ini. Oke bye.

No comments:

Post a Comment