Sindrom anak-20an

Aku nggak pernah membayangkan sebelumnya kalo akhirnya aku juga bakalan kena sindrom umur 20 tahunan.
Aku pikir dulu, hidup tuh yauda mengalir aja gitu kaya air.
Pas aku kecil, goal terbesarku adalah masuk UGM. I worked sooooo hard for that. Literally. Sampe aku sendiri sekarag ngeri ngebayangin dulu perjuanganku pas kelas 3 SMA demi menghadapi SBMPTN.
Sekarang aku udah lulus (dan lolos) dari UGM, yet still don't have the biggest picture of my life. Memang sih beberapa kali sebelum lulus udah kepikiran mo ngapain, tapi teteup pas itu beneran fokus di lulusin kuliahnya dulu.
Abis itu, begitu lulus aku alhamdulillah dapet kerja. Tapi balik lagi abis itu aku mikir keras,

"Trus njuk opo, fa, koe meh ngopo"

Tiba-tiba something hits me.
Gara- gara kakakku sukanya ngajakin (read: maksa) aku ikut kajian seorang ustadz TOP Jogjakarta punya, ustadz Ransi Al-Indragiri, aku jadi terngiang selalu sama salah satu materi kajiannya.
Intinya gini:
"SUKSES itu bahagia di dunia dan akhirat. Sukses itu bukan perihal materi, tapi bagaimana kita bisa bahagia dengan jalan hidup yang kita miliki masing- masing, dengan tetap selalu mengejar ridho Allah"

(Mon maap ini Latifa-nya lagi edisi tobat jadi siraman rohaninya alhamdulillah tidak masuk kuping kanan keluar kuping kiri gitu, bukan bermaksud sok suci atau gimana ya gais! HEHEHE)

Tapi beneran deh, konsep mind blowing itu bikin aku mikir keras.
Bener sih. Apa coba gunanya segala macam gemerlap duniawi kalo sebenernya, inside, kita ga bahagia. BENER. BANGET. MAKASIH, USTADZ RANSI :)

Dan setelah aku coba, sebenernya bahagia itu ga sulit kok. Tinggal kita buang hal-hal toxic dalam otak kita aja. Yahhhh bahasa islamiyah-nya sih BERSYUKUR. Karena toh, manusia punya cerita hidupnya masing-masing. Malu bossss kebanyakan sambat ehhh ternyata yang disambati hidupnya lebih berat.

Bukannya aku ga pernah sambat sih tapi wkwkwkwk, I have my own living diary tempatku sambat saban hari hahaha. Menurutku sih sambat secukupnya tidaklah mengapa, asal ojo kabeh aspek dalam kehidupanmu mbok cacati :')


Jadi gais, setelah pemikiran berat dan pening hinggap di otak 2GB ku ini, akhirnya aku memutuskan satu hal:
Hidup emang not always butterfly, but at least aku bisa milih bahwa sampe tua dan meninggal nanti aku pengen punya keluarga yang sama-sama kita bisa bangun hidup kita jadi bahagia. Amiinnnn.....

Comments

Popular Posts