Aku yang Baru di Era Baru

Pandemi Covid-19 ini secara persuasif memaksa seluruh lapisan masyarakat untuk kembali menata ulang rutinitas hidup masing-masing. Bagaimana tidak, untuk sekedar berjumpa dan berbincang dengan sejawat saja, kita harus mempertimbangkan banyak hal. Apalagi sejak diberlakukan PSBB dan himbauan untuk di rumah saja, khususnya di Jakarta, work from home maupun work from office dengan pengurangan jam kerja sudah bukan hal yang mengejutkan lagi bagi sebagian besar karyawan.Stress? Bosan? Sudah pasti! Namun, sebagai makhluk adatif, berdamai dengan situasi baru ini bukannya tidak mungkin. Pasalnya, meskipun kita harus menghabiskan hampir 24 jam dalam satu hari di rumah saja, banyak kegiatan pengembangan diri yang masih bisa dilakukan, antara lain :


 1.  Mendalami hobi

Setiap orang pasti punya hobi, entah itu membaca, membuat kerajinan tangan, atau bermusik. Waktu luang yang kita dapat selama pandemi, bisa menghidupkan kembali hobi yang mungkin sudah lama tidak kita lakukan.

2.   Olahraga

Sebelum pandemi, kita dituntut keluar rumah di pagi buta agar tidak terlambat ke kantor. Sekarang, keluar rumah di pagi buta masih bisa dilakukan walaupun sekedar lari-lari kecil di depan rumah, demi menjaga badan tetap sehat dan bugar.

3.  Menjaga pola makan

Karena saat ini kita tidak bisa keluar rumah terus-menerus, sebagian orang memilih untuk memasak sendiri. Tentu saja, pemilihan menu menjadi sangat penting demi terpenuhinya gizi seimbang dalam tubuh

4. Mengasah skill

Mengikuti online course atau webinar yang banyak diselenggarakan secara terbuka, seperti webimar yang rutin diselenggarakan oleh PT. Xsis Mitra Utama (www.xsis.co.id). Selain mendapat ilmu baru, bisa jadi kita mendapat teman diskusi baru. 


Ternyata, menaati arahan pemerintah dengan tetap di rumah saja, tidak membatasi ruang gerak kita untuk tetap produktif. Justru pada masa era baru ini lah, konsep work life balance terasa lebih nyata. Sebab, waktu yang biasa kita habiskan untuk perjalanan pulang pergi ke kantor dapat dimanfaatkan lebih maksimal untuk kegiatan pengembangan diri di rumah. Mungkin terasa sepele, tetapi mengisi hari dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang positif, kualitas hidup akan semakin meningkat, dan secara tidak sadar menjaga kita untuk selalu berpikiran positif. Memangnya, hanya era yang bisa baru? Diri kita juga bisa!

Comments

Post a Comment

Popular Posts